Pengalaman bersama Ustadz Ahmad  Heryawan Lc dalam membangkitkan semangat dakwah PUI yang sempat tertatih-tatih merupakan sebuah modal berharga saat pencalonan Ahmad Heryawan sebagai Gubernur Jawa Barat. Heryawan dipasangkan dengan Dede Yusuf yang kemudian akrab disapa ‘Hade’.

Pada saat pencalonan, Hade merupakan pasangan kandidat paling muda. Kandidat lainnya semuanya dapat dikatakan generasi tua. Oleh karena itu kekuatan Hade terletak pada semangat perubahan dan visi yang diusung Hade. Khusus bagi Heryawan, kekuatannya juga dibangun atas jaringan akar rumput selama ia turun gunung membina dan mengkader PUI di pelosok-pelosok Jawa Barat. Pada saat kampanye, Heryawan selalu didampingi Nurhasan. Ia seolah menjadi campaign manager Heryawan.

Daerah Jawa Barat sudah tak asing lagi bagi Heryawan dan Nurhasan. Sejak awal 1990-an, mereka berdua sudah terbiasa turun ke bawah menyapa kader-kader PUI di daerah Jawa Barat yang notabene sebagai basis PUI. Mereka berdua mengerti apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh masyarakat Jawa Barat.

Hampir semua pengamat politik tidak memprediksikan Hade sebagai pemenang Pilkada Jabar. Hade dalam posisi underestimate. Perjuangan dan kerja keras Heryawan sejak akhir 1990-an dengan aktif bersilaturahmi ke Jawa Barat ternyata dibalas dan dijawab Allah memberi amanah yang cukup besar menjadi Gubernur Jawa Barat Periode 2008-2013.

Prediksi pengamat politik tak terbukti. Semua dibuat terkejut dengan kemenangan Hade. Perolehan suara pasangan incumbent acak-acakan di daerah-daerah yang memang basis PUI. Selain karena mesin politik PKS yang bekerja optimal, serta popularitas Dede Yusuf  sebagai artis yang dicalonkan melalui PAN, kader dan jaringan PUI juga berperan sangat signifikan dalam perolehan suara Hade. Pada saat pencalonan Heryawan masih sebagai ketua Umum PUI yang berbasis kuat di Jawa Barat. Nurhasan adalah sahabat terdekat salah satu aktor di balik terpilihnya Heryawan sebagai Gubernur Jawa Barat.

Setelah Heryawan terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat, Nurhasan menyebut fenomena tersebut dengan ’kemenangan yang telah dicicil lama’, karena memang kerja Heryawan dalam membangun basis penokohannya di Jawa barat melalui PUI telah dilakukan sejak tahun 1990-an.