Image/inilah.com

Kontur geopolitik Jawa Barat dengan masyarakat religius dan merupakan basis beberapa organisasi Islam besar seperti Persatuan Umat Islam (PUI) dan Persis membuat optimistis kemenangan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar dalam pilgub mendatang. Diusung oleh partai-partai Islam yang memiliki pemilih loyal, seperti PKS, PPP, PBB serta partai nasionalis Hanura, aura kemenangan pasangan ideal ini memang terasa sangat kuat.

Ketua Umum PUI, Nurhasan Zaidi mengatakan PUI siap memenangkan pasangan Aher-Demiz. “Aher merupakan salah satu kader terbaik PUI dan saat ini diamanahi sebagai Ketua Majelis Syura PUI 2009-2014.”

Di tempat terpisah, seperti dilansir laman inilah.com, bagi PPP dan PKS, setidaknya ada empat alasan pasangan itu akan mengalahkan saingan-saingan mereka. Inilah empat alasan tersebut sebagaimana dilansir Bidang Media Fraksi PPP DPR RI:

1) Ahmad Heryawan (Aher) adalah gubernur yang berhasil mengawal Jabar untuk menjadi provinsi penyumbang tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional selama lima tahun terakhir

2) Jabar adalah gudang ulama, pesantren, sekaligus budayawan/artis. Kombinasi keduanya dari pasangan Aher-Dedy, akan melingkupi karakteristik yang khas warga Jabar.

3) Mesin politik PPP-PKS sangat bisa diunggulkan, karena PKS terbukti memenangkan pilkada terakhir, sedangkan PPP terbukti memenangkan pilkada sebelumnya yang mengusung Nu’man Abdul Hakim sebagai wagub. Jadi pasangan ini maju dengan dukungan mesin politik terbaik partai yang pernah teruji.

4) Sekurangnya terdapat 5 kader PPP menjadi kepala daerah dari 26 kab/kota di Jabar. Belum lagi PKS juga ada beberapa. Ini akan menjadi kekuatan serius untuk memenangkan pasangan ini. [jd]